skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
11 Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Yang Sesuai Anjuran Dokter

11 Cara Menurunkan Kadar Gula Darah yang Sesuai Anjuran Dokter

Jika kadar gula darah dalam tubuh Anda terlanjur tinggi, adakah cara menurunkan kadar gula darah? Tentunya ada, tetapi, Anda harus berkonsultasi dengan dokter dan rutin meminum obat yang diresepkan.

Selain itu, ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk berdamai dengan penyakit gula darah ini, yaitu sebagai berikut:

1. Jangan Melewatkan Jam Makan

Hindari melewatkan jam makan sebab setiap kali Anda melakukan kebiasaan buruk tersebut, maka kadar gula darah Anda akan terdorong lebih tinggi. Hal ini terjadi karena ketika Anda kelaparan maka bahan bakar tubuh Anda adalah glukosa yang dilepaskan dari hati yang lama-kelamaan dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

2. Konsumsi Karbohidrat Sehat

Karbohidrat adalah salah satu unsur makanan yang penting untuk kesehatan tubuh. Tidak mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat berarti mengurangi asupan glukosa dalam tubuh Anda. Dan pilihlah dengan bijak seperti tidak mengonsumsi roti tawar putih sebab roti tersebut mengandung karbohidrat kompleks yang memperlambat penyerapan glukosa.

3. Konsumsi Kayu Manis

Sebuah penelitian kesehatan menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi kayu manis akan turun gula darahnya sebanyak 18-29%. Oleh karena itu tidak ada salahnya apabila Anda menambahkan rempah-rempah ini pada kopi, teh, atau bahkan plain yogurt Anda. Selain bermanfaat untuk menurunkan gula darah, menambahkan kayu manis dapat memberi rasa lain pada makanan Anda.

Anda mungkin berpikir kayu manis rasanya manis dan mengandung gula, namun kayu manis ampuh dalam mengurangi gula darah dan mengurangi risiko untuk berkembangnya diabetes.

Beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis baik untuk menurunkan glukosa dalam darah, kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Namun hati-hati menggunakan kayu manis dalam dosis besar dapat berbahaya. Konsultasikan dengan dokter sebelum memulai kayu manis jenis apa yang cocok untuk anda.

4. Tidur Cukup

Ada banyak penelitian kesehatan yang menyebutkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. Sehingga pastikan bahwa setidaknya Anda tidur 8 jam setiap malam.

5. Makan Lebih Banyak Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan adalah makanan tinggi serat yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna yang berarti bahwa makanan ini membutuhkan waktu lebih lama untuk melepaskan glukosa. Di sisi lain, kacang juga sumber lemak tak jenuh yang tidak dapat meningkatkan kadar gula darah.

6. Berolahraga Secara Teratur

Ketika Anda telah mengetahui monitor gula darah Anda, tentu Anda telah mengetahui hasil dari kadar gula darah tersebut. Jika hasilnya tinggi, maka salah satu yang paling berkhasiat dan ampuh dalam menurunkan kadar gula darah Anda dengan cara melakukan olahraga secara teratur.

7. Mengurangi Mengonsumsi Gula

Selain melakukan olahraga secara teratur, Anda juga harus mengurangi mengonsumsi gula. Mengurangi asupan gula merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan dalam mengurangi gula darah dalam tubuh.

Anda tetap bisa mengonsumsi gula asalkan bukan gula yang pada umumnya dijual dipasaran melainkan gula yang sudah dipastikan memiliki kadar glukosa yang rendah.

8. Diet Tinggi Protein

Selain dapat menurunkan berat badan, diet tinggi protein juga sangat membantu sekali dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini sudah banyak dilakukan oleh orang-orang penderita kelebihan kadar gula darah atau yang serina disebut dengan diabetes dan hasilnya pun sangat berkhasiat.

Nah untuk Anda yang saaat ini telah terdeteksi kelebihan kadar glukosa maka segerahlah melakukan diet protein tinggi sebagai salah satu cara menurunkan gula secraa signifikan.

9. Bawang putih

Telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan kadar gula dalam darah. Sebuah studi yang dilakukan kepada seekor tikus dan kelinci menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih dapat menurunkan gula darah.

Ekstrak bawang putih meningkat jumlah insulin pada orang dengan diabetes. Meskipun menimbulkan bau nafas tidak sedap, bawang putih merupakan bumbu makanan yang baik dan ternyata baik untuk mengelola kadar gula darah anda.

10. Telur

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2008 di jurnal internasional obesitas menemukan orang-orang yang kelebihan berat badan dan obesiti diberikan dua telur sehari untuk sarapan. Para peneliti mengatakan mengkonsumsi telur dapat mengontrol rasa lapar dengan mengurangi insulin pasca makanan. Respon mengendalikan nafsu makan dapat menghindari fluktuasi kadar glukosa dan insulin.

11. Kacang Almond

Almond merupakan sumber magnesium, serat dan protein. Almond memiliki kandungan magnesium yang tinggi daripada kacang-kacangan lainnya. Semua kacang-kacangan, termasuk almond, juga kaya Kromium yang dapat membantu mengelola kadar gula. Anda bisa membeli kacang almond di supermarket di kota anda, bisa anda konsumsi langsung sebagai camilan atau sebagai campuran masakan anda.

Apa Itu DiabetCare?

Obat Diabetes DiabetCare adalah formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit diabetes. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat DiabetCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

DiabetCare memiliki kandungan antibiotik alami yang mampu membersihkan racun dalam darah, memperbaiki sel-sel yang rusak (regenerasi sel), bersifat antipiretik, analgesic, dan diuretic. Sangat berkhasiat dan signifikan menurunkan gula darah.