skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
15 Ciri-Ciri Diabetes Yang Perlu Diwaspadai

15 Ciri-Ciri Diabetes Yang Perlu Diwaspadai

Diabetes terdiri dari 2 kondisi yang tergolong umum, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2 di mana diabetes tipe 1 adalah tipe yang sangat jarang dan kondisi ini biasanya terjadi diakibatkan oleh penghasil insulin atau pankreas yang rusak.

Sementara itu,  tipe 2 adalah yang paling umum karena sebagian besar penderita terkena diabetes tipe 2 ini. Adanya produksi insulin yang berkurang sehingga akhirnya terjadi resistensi sel-sel tubuh terhadap insulinlah yang menjadi sebab seseorang mempunyai diabetes tipe 2.

Penggunaan istilah diabetes kering adalah untuk menggambarkan keadaan penderita tanpa adanya infeksi maupun luka, sedangkan penggunaan istilah diabetes basah adalah untuk menunjukkan kondisi penderita diabetes yang mengalami luka dan infeksi serta komplikasi yang sembuh dalam waktu lama.

Sebenarnya antara ciri penderita sakit diabetes kering dan basah yang tidak jauh berbeda. Berikut ini adalah sejumlah ciri-ciri diabetes kering yang akan dialami oleh penderitanya.

1. Buang Air Kecil Lebih Sering

Saat seseorang terkena diabetes kering, salah satu tanda yang paling kelihatan adalah frekuensi buang air kecil yang meningkat dan ini biasanya dipicu oleh adanya produksi berlebih glukosa yang ada di dalam tubuh.

Ketika hal seperti ini terjadi, akhirnya fungsi ginjal pun terganggu dan kinerjanya menjadi tidak maksimal. Buang air kecil yang lebih sering ini adalah gejala yang akan lebih sering terjadi saat kamu tidur di malam hari dan mengharuskan kamu untuk bangun berkali-kali.

Mungkin kamu mengira bahwa gejala ini adalah tanda bahwa buang air kecil kamu prosesnya terlalu lancar, karena kamu akan mengeluarkan dalam jumlah yang banyak.

Namun ketika ini terjadi setiap malam sampai kamu tidak bisa tidur dan terkena gangguan tidur, kamu sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk perubahan frekuensi buang air kecil.

2. Dehidrasi

Dehidrasi adalah suatu kondisi di mana kamu akan menjadi sering merasa haus dan tenggorokan selalu terasa kering. Sering merasa haus memang tidak selalu menjadi ciri-ciri dari penyakit diabetes karena orang yang signifikan haus bisa jadi juga merupakan tanda kamu akan terkena flu.

Lihat-lihat juga apakah kamu merasakan atau mengalami adanya gejala lainnya, maka kamu memang kemungkinan menderita diabetes kering.

Dehidrasi dapat terjadi karena hilangnya air pada tubuh kita cukup banyak dan air ini hilang sebab tubuh menggunakan cairan dalam tubuh untuk menghancurkan gula dalam darah; maka segera periksakan ke dokter agar tidak menjadi serius.

Dehidrasi juga dapat dipicu oleh adanya jumlah glukosa yang terbuang melalui seringnya buang air kecil yang tidak ada proses penyaringan seperti sebagaimana seharusnya.

3. Kesemutan

Bila tidak ada masalah, lalu kamu merasa tiba-tiba kesemutan dan kesemutan ini kerap terjadi di bagian tangan serta kaki yang juga dikenal dengan istilah neuropati. Ketika kamu merasa kesemutan, ini berarti sistem saraf telah terkena kerusakan secara bertahap dan kerusakan ini disebabkan oleh glukosa.

Neuropati sendiri merupakan sebuah istilah yang digunakan umum untuk menggambarkan keadaan yang berhubungan langsung dengan fungsi saraf yang terganggu. Kadar gula darah yang begitu tinggi di atas normallah yang membuat pembuluh darah kapiler menjadi rusak dan terganggu.

Kesemutan ini akan diawali dengan rasa seperti kamu tengah kehilangan rasa sehingga saat menyentuh maupun disentuh sesuatu atau seseorang maka kamu tidak akan merasakan apa-apa seperti kondisi seharusnya. Sering kesemutan berisiko lebih parah, yaitu keadaan di mana mati tangan dan kaki akan mati rasa sama sekali.

4. Mudah Lelah

signifikan lelah memang bukanlah menjadi gejala diabetes karena para penderita anemia atau kurang darah pun akan mengalami keadaan seperti ini. Gula darah atau glukosa adalah yang seharusnya mengalami perubahan menjadi energi dan energi tersebutlah yang membuat kamu selalu aktif dan bersemangat.

Hanya saja, dikarenakan berlebihnya jumlah produksi glukosa, kinerja pankreas pun akhirnya tidak maksimal sehingga glukosa pun akhirnya malah diubah oleh hormon insulin menjadi lemak.

5. Mudah Lapar

Mudahnya seseorang menjadi lapar bisa juga dikarenakan mengidap diabetes kering yang tidaklah ia sadari. Rasa lapar akan terus melanda meskipun kamu sudah makan dan penjelasan untuk kondisi ini adalah karena adanya peningkatan glukosa yang penyalurannya terhambat ke seluruh sel yang ada di dalam tubuh. Jadi selain menjadi sering haus, kamu juga akan menjadi lebih sering merasa lapar.

6. Tubuh Terasa Pegal

Bila kamu merasa tubuh terasa pegal-pegal padahal tidak melakukan kegiatan yang berat, maka itu tandanya bisa jadi kamu menderita diabetes kering. Tubuh yang pegal bisa juga disebabkan oleh dehidrasi di mana otot pun menjadi kering sehingga timbul rasa pegal dan tidak nyaman ketika kamu bergerak sedikit saja. Apabila ada gejala lainnya yang menyertai dari tubuh yang pegal-pegal, maka kamu perlu mencurigainya dan memeriksakannya.

7. Penglihatan Menjadi Kabur

Penglihatan yang tadinya begitu sempurna dan sehat, kemudian berangsur memburuk, besar kemungkinan ini adalah ciri-ciri diabetes kering. Memang kondisi penglihatan yang menjadi tak jelas alias kabur bisa juga sebagai tanda kemunculan masalah pada indera penglihatan kamu secara khusus.

Namun jika kamu menemukan adanya kejanggalan atau ciri diabetes kering lainnya tentu hal ini pun dapat dipastikan positif bahwa kamu mengidapnya.

8. Mulut Kelihatan Kering

Ciri-ciri penderita lainnya adalah mulut yang kelihatan kering. Kondisi seperti ini dapat terjadi jika kamu mengalami yang namanya dehidrasi yang sangat berlebihan sehingga kulit dan mulut pun akan tampak kering.

Dehidrasi yang berlebihan menandakan kelembaban pada kulit pun menjadi berkurang drastis dan memunculkan masalah kekeringan pada kulit.

9. Mudah Mengantuk

Seseorang yang memiliki diabetes kering akan sangat gampang mengantuk dan ini biasanya justru terjadi di pagi sampai siang hari rasa ngantuk itu akan lebih terasa.

Sejumlah orang yang menderita diabetes kering akan merasakan ngantuk terutama di jam 10-12 siang di mana bila dibuat istirahat, maka diketahui bahwa kondisi gula darah akan dapat bertambah dan keadaan diabetes sendiri akan semakin serius.

10. Kulit Gatal-Gatal

Ciri dari diabetes kering adalah menimbulkan rasa gatal meski tidak digigit nyamuk atau terkena alergen. Kulit gatal-gatal ini bisa terasa secara tiba-tiba dan akhirnya malah menimbulkan iritasi juga.

11. Sakit Kepala

Sakit kepala dapat muncul sebagai akibat dari ciri yang lainnya, seperti kurang energi yang tidak hanya akan menjadikan tubuh lemah, tapi juga otomatis bakal sakit kepala. Belum lagi adanya gangguan tidur yang disebabkan oleh berkali-kali buang air kecil yang terjadi lebih sering di malam hari.

12. Nafsu Makan Menurun

Meski nafsu makan normal dan justru meningkat, kamu akan tetap sering merasa lapar. Walau kamu makan banyak, berat badan akan menurun terus secara drastis. Berat badan biasanya dapat turun ketika kamu melakukan diet, tapi jika terus menurun tanpa alasan di mana perut sebenarnya terus diisi dan nafsu makan normal, kamu positif mengidap diabetes kering.

13. Bau Mulut

Bagi penderita diabetes kering, ciri yang muncul dan akan dapat dirasakan juga oleh orang sekitar kamu adalah bau mulut.

Kondisi ini dapat timbul di mana pemicunya adalah hasil lemak yang dibakar bersama dengan aseton untuk dijadikan energi yang memproduksi keton. Keton ini adalah senyawa yang aromanya agak mirip seperti aroma buah.

14. Kaki Membengkak

Kaki terlihat membesar dan ukurannya berubah tidak seperti biasanya? Pembengkakan dapat terjadi pada penderita diabetes kering dan hal ini merupakan kondisi yang termasuk umum. Karena pembengkakan juga biasanya menjadi tanda adanya penyakit jantung, tentu memeriksakannya akan menjawab secara jelas keadaan kamu sebenarnya.

15. Terdapat Luka

Pada penderita diabetes kering akan terdapat luka yang cukup lama untuk sembuh. Luka yang muncul di bagian kulit kamu penanganannya jauh lebih mudah daripada yang menderita diabetes basah.

Ini dikarenakan penderita lebih mempunyai gula darah yang terkendali. Dibandingkan dengan penderita diabetes basah, kadar gula darah dari penderita diabetes kering masih termasuk tidak terlalu tinggi.

Peluang munculnya luka pada penderita memang terbilang besar, tapi kemungkinan untuk sembuh juga besar, bahkan lebih besar dari luka pada diabetes basah.

Penanganan untuk luka-luka tersebut pun tidak sampai harus diamputasi seperti yang pada umumnya dilakukan terhadap para penderita diabetes basah.

Apa Itu DiabetCare?

DiabetCare adalah formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit diabetes. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat DiabetCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

DiabetCare memiliki kandungan antibiotik alami yang mampu membersihkan racun dalam darah, memperbaiki sel-sel yang rusak (regenerasi sel), bersifat antipiretik, analgesic, dan diuretic. Sangat berkhasiat dan signifikan menurunkan gula darah.