skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Diabetes Mellitus Dan Jenisnya Yang Perlu Diketahui

Diabetes Mellitus dan Jenisnya Yang Perlu Diketahui

Diabetes Mellitus dan Jenisnya Yang Perlu Diketahui – Pada dasarnya Diabetes mellitus adalah penyakit yang disebabkan oleh kadar gula yang tinggi di dalam darah yang merupakan akibat dari adanya gangguan sekresi insulin. Di masyarakat, penyakit diabetes mellitus juga disebut sebagai penyakit kencing manis atau penyakit gula.  Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, dapat pula didefinisikan sebagai penyakit yang mengakibatkan air kencing bercampur dengan zat gula. Kadar gula yang tinggi dalam air kencing dapat dijadikan sebagai tanda awal penyakit adanya penyakit ini.

Penyakit Diabetes Mellitus sendiri sangat erat kaitannya dengan insulin, yakni sejenis hormon yang diproduksi oleh organ pankreas yang berfungsi untuk mengendalikan kadar gula di dalam darah. Terjadinya penurunan sekresi insulin pada umumnya merupakan akibat dari resistensi insulin serta adanya kerusakan sel beta pankreas. Pada pasien penderita, tubuh sudah tidak dapat memproduksi atau minimal tidak dapat merespon hormon insulin yang diproduksi oleh organ pankreas. Kurangnya hormon insulin kemudian mengakibatkan tubuh tidak lagi mampu mengubah glukosa atau gula menjadi sumber energi. Hal itu mengakibatkan respon yang diterima oleh tubuh adalah rasa haus dan lapar. Tetapi, semakin banyak asupan karbohidrat yang didapat, penumpukan glukosa dalam darah justru akan menjadi semakin tinggi. Hal itulah yang kemudian di sebut sebagai Diabetes Mellitus (DM) atau penyakit gula atau penyakit kencing manis.

diabetes mellitus dan Jenisnya

diabetes mellitus dan Jenisnya

 Adapun Jenis Diabetes Mellitus Antara lain:

  1. Diabetes mellitus (DM) tipe I

penderita diabetes tipe ini bergantung pada pemberian insulin dari luar, yang pada umumnya diberikan melalui suntikan. Diabetes mellitus tipe I juga dikenal dengan istilah Insulin Dependent Diabetes Mellitus (IDDM).

Faktor yang menjadi penyebab Diabetes mellitus tipe I dan Gejalanya antara lain :

  1. adanya infeksi virus serta reaksi auto-imun atau rusaknya sistem kekebalan tubuh yang merusak sel-sel pemroduksi insulin.
  2. Tiba – tiba merasa haus
  3. Buang Air Kecil dalam intensitas yang cukup sering (pada balita sering mengompol),
  4. badan menjadi semakin kurus dan tubuh lemah.

adanya infeksi virus serta reaksi auto-imun atau rusaknya sistem kekebalan tubuh yang merusak sel-sel pemroduksi insulin. Gejala diabetes tipe 1 biasanya muncul mendadak, seperti tiba – tiba merasa haus, buang air kecil dalam intensitas yang cukup sering (pada balita sering mengompol), badan menjadi semakin kurus dan tubuh lemah.

  1. Diabetes mellitus (DM) tipe II

Diabetes tipe Ini merupakan jenis diabetes yang paling banyak sekali di derita. Hampir 90% penderita diabetes merupakan penderita tipe II ini. DM jenis ini disebut juga diabetes life style karena di samping faktor keturunan, yang menjadi penyebab utamanya adalah gaya hidup yang tidak sehat. Diabetes tipe II menyerang orang dewasa yang berusia 30 tahun ke atas, meski belakangan juga banyak menyerang yang usianya lebih muda. Gejala dari diabetes tipe 2 berkembang dengan sangat lambat, bahkan bisa bertahun-tahun. Berbeda dengan DM Tipe I, mereka yang menderita diabetes tipe 2 tidak mutlak memerlukan suntikan insulin karena organ pankreasnya masih dapat menghasilkan insulin, akan tetapi kinerja insulin menjadi tidak berkhasiat karena dalam tubuh terjadi resistensi insulin atau menurunnya kemampuan insulin untuk mendistribusikan dan mengubah gula darah menjadi energi.

  1. Diabates mellitus gestasional.

diabetes mellitus dan Jenisnya

diabetes mellitus dan Jenisnya

Diabetes mellitus gestasional atau sering disingkat GDM adalah penyakit diabetes yang menyerang ibu hamil. DM jenis ini disebabkan oleh adanya gangguan toleransi glukosa pada pasien. Berbeda dengan dua tipe yang lain, GDM sifatnya temporer, sehingga akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan. Namun, adanya GDM dapat beresiko untuk bayi, misalnya makrosomia (berat bayi yang tinggi/diatas normal), bayi menderita penyakit jantung bawaan serta mengalami kelainan sistem saraf pusat, dan bahkan cacat otot rangka. Pada kasus GDM yang parah, bahkan kematian bayi sebelum dilahirkan bisa juga terjadi sebagai akibat dari perfusi plasenta yang buruk karena adanya kerusakan vaskular.

Untuk mengatasinya, suntikan insulin dapat di berikan namun dengan resiko janin mengalami peningkatan hormon insulin yang dapat menghambat produksi surfaktan janin dan mengakibatkan sindrom gangguan pernapasan. Secara umum, GDM dapat disembuhkan, namun dibutuhkan pengawasan medis yang cermat selama masa kehamilan untuk menghindari terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan.

Apa Itu DiabetCare?

Obat Diabetes DiabetCare adalah formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit diabetes. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama 15 tahun membuat DiabetCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

DiabetCare memiliki kandungan antibiotik alami yang mampu membersihkan racun dalam darah, memperbaiki sel-sel yang rusak (regenerasi sel), bersifat antipiretik, analgesic, dan diuretic. Sangat berkhasiat dan signifikan menurunkan gula darah.