skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Fakta Penyakit Diabetes Yang Terjadi Di Indonesia

Fakta Penyakit Diabetes Yang Terjadi Di Indonesia

Fakta Penyakit Diabetes Yang Terjadi Di Indonesia – Penyakit Diabetes Melitus adalah jenis penyakit yang terjadi karena kelainan gula darah. Di mana hal ini bisa terjadi karena kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi. Sehingga menyebabkan tubuh menjadi kekurangan insulin, atau insulin yang ada dalam tubuh menjadi tidak sempurna.

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa makanan yang kita makan sangat erat kaitannya dengan poduksi glukosa darah tersebut. Makanan yang dikonsumsi juga sangat berperan dalam merangsang pankreas memproduksi hormon insulin.

Insulin adalah hormon yang bertugas untuk merubah gula yang ada di dalam sel menjadi sebuah energi yang akan digunakan oleh tubuh, juga sebagai energi cadangan. Ketika glukosa dalam darah tidak mencukupi maka tubuh tidak bisa memproduksi hormon insulin dengan benar.

Biasanya ini terjadi pada orang dewasa yang sudah berusia 30 tahunan lebih. Di mana usia seperti itu sudah kurang beraktivitas dan bergerak, sehingga memicu diabetes melitus.

Fakta Diabetes

Berikut beberapa informasi mengenai fakta penyakit diabetes:

  1. Diabetes tipe-2 biasanya tidak menunjukkan gejala

Diabetes tipe-2 seringkali tidak menunjukkan adanya gejala. Hal ini yang membuat orang tak tahu mereka berisiko dan terkena diabetes hingga terlambat. Pada diabetes tipe-2, Anda akan menemukan gejala seperti sering buang air kecil dan mudah lelah. Namun untuk mengetahui diabetes tipe-2, Anda harus melakukan tes secara teratur.

  1. Diabetes akibat hamil bisa bertahan hingga bayi lahir

Ketika hamil, wanita lebih rentan untuk mengalami diabetes yang disebut dengan gestational diabetes. Biasanya ini terjadi ketika wanita yang tak memiliki diabetes tiba-tiba mengalami peningkatan gula darah saat hamil.

Diabetes jenis ini bisa sembuh dan hilang setelah bayi lahir, namun tak menutup kemungkinan juga masih terus berlanjut setelah bayi lahir. Jika Anda mengalaminya, jangan lengah. Terus terapkan gaya hidup sehat dan pola makan yang sehat setiap hari.

  1. Diabetes bisa memicu kebutaan dan penyakit jantung

Jika tidak segera diobati, diabetes bisa memicu kebutaan dan juga penyakit jantung. Mata yang sudah terkena glaukoma tak akan bisa kembali normal, begitu juga dengan penyakit jantung. Ada baiknya untuk selalu mengecek tingkat gula darah agar diabetes yang diderita tidak sampai menyebabkan efek buruk pada organ tubuh yang lain.

  1. Diabetes yang disebabkan obesitas bisa diatasi dengan operasi

Jika diabetes yang Anda alami disebabkan oleh obesitas, maka ada cara untuk mengontrol gula darah Anda, yaitu dengan melakukan operasi bariatrik. Namun sebelum melakukannya sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter, karena operasi ini juga memiliki efek samping dan risiko komplikasi sendiri.

  1. Hati-hati dengan luka terbuka

Jika Anda menderita diabetes, hati-hati dengan luka terbuka. Luka akan lebih lama sembuh dan menutup pada pasien diabetes. Ini akan memperbesar kemungkinan luka terinfeksi, terutama pada bagian kaki dan tumit. Bersihkan kaki dengan hati-hati dan selalu gunakan alas kaki.

Fakta lain yang kerap tidak disadari oleh kebanyakan pasien juga diungkap oleh seorang pakar Diabetes Indonesia, Dr. Achmad Rudjianto, yang kini menjabat sebagai ketua Perkumpulan Pakar Endokrinologi atau Perkeni.

Menurut Dr. Ahcmad, usia penderita diabetes semakin lama semakin muda. Terjadi peningkatan pasien diabetes pada usia di bawah 40 tahun, hingga mencapai prosentase 20% dari seluruh kasus diabetes.

Peningkatan posisi ini memprihatinkan karena menurut Depkes data ini diperkirakan hanya 50% dari total pengidap sebenarnya. Ini karena banyak pengidap diabetes yang tidak memahami ciri-ciri diabetes sehingga sering kali mengabaikan gejala yang muncul sampai kondisi penyakit sudah berkembang pada tahap yang lebih lanjut.

Fakta bahwa banyak pasien tidak menyadari keberadaan penyakit diabetes dalam tubuh mereka justru lebih berbahaya, karena artinya mereka juga tidak merasa perlu menjalankan diet khusus diabetes dan pengobatan yang rutin. Sementara diabetes termasuk jenis penyakit dengan risiko tinggi mengalami komplikasi, seperti kerusakan pembuluh darah serta kerusakan saraf tepi maupun pusat.

Apa Itu DiabetCare?

DiabetCare adalah formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit diabetes. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama 15 tahun membuat DiabetCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

DiabetCare memiliki kandungan antibiotik alami yang mampu membersihkan racun dalam darah, memperbaiki sel-sel yang rusak (regenerasi sel), bersifat antipiretik, analgesic, dan diuretic. Sangat berkhasiat dan signifikan menurunkan gula darah.