skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
7 Pilihan Makanan Untuk Penderita Diabetes

7 Pilihan Makanan Untuk Penderita Diabetes

7 Pilihan Makanan Untuk Penderita Diabetes – -Bagi penyandang diabetes melitus atau kencing manis harus berhati-hati dan memperhatikan setiap jenis makanan yang akan dikonsumsi, karena jangan sampai membuat gula darah semakin naik. Jika kamu masih bertanya-tanya jenis makanan untuk penderita diabetes yang baik itu apa? maka temukan jawabannya disini.

Berikut ini kami sajikan beberapa contoh makanan untuk diabetes melitus, dimana makanan ini memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah dan mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang penting, seperti: kalsium kalium serat magnesium vitamin A (karotenoid), C, dan E.

Kamu tidak diminta untuk mengonsumsi semuanya, sebab jumlahnya cukup banyak. Buat saja perencanaan menu makan sehari-hari selama seminggu dengan mengombinasikan beberapanya, atau kamu bisa membuang nama makanan yang tidak disukai.

Daftar berikut tentu akan menambah referensi makanan sehat yang bisa dikonsumsi setiap hari. Kebanyakan dari makanan berikut tinggi kandungan serat, antioksidan, vitamin, dan juga mineral. Menariknya, hampir keseluruhannya sangat murah dan mudah ditemukan di tukang sayur dekat rumah, sehingga lebih menghemat waktu dan uang kita.

Apa saja pilihan makanan untuk penderita diabetes melitus?

1. Apel

Data penelitian yang dilaksanakan di Ohio State University pada tahun 2012 hasilnya sudah terbit dalam Journal of Foods Fungsional. Pada jurnal penelitian tersebut menjelaskan bahwa orang yang mengonsumsi satu buah apel dalam sehari selama satu minggu mengalami penurunan kadar kolesterol jahat (LDL) sebesar 40 persen. Dengan kana lain, apel juga tergolong makanan rendah karbohidrat meski rasanya manis.

Apel tidak hanya dikatakan sebagai makanan yang aman dikonsumsi oleh pengidap diabetes, tetapi juga untuk orang-orang yang ingin terhindar dari stroke. Sudah dibuktikan oleh para penliti yang mempelajari data yang telah dikumpulkan selama 28 tahun dengan memasukkan 9.208 pria dan wanita. Mereka yang sering memakan apel lebih rendah terkena stroke.

2. Asparagus

Sayuran yang mampu mengontrol kadar gula darah ini makin marak dikonsumsi oleh penduduk Inggris. Tercatat sekitar 8000 ton asparagus tiap tahun habis dikonsumsi dan setiap tahun semakin tinggi peningkatannya. Hal ini menjadi kabar baik, khususnya bagi mereka yang menderita diabetes.

Asparagus untuk diabetes bekerja meningkatkan produksi hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas untuk dilepaskan ke aliran darah. Insulin akan bekerja dalam tiga aktivitas, yaitu membuka jalan agar glukosa bisa diserap oleh sel menjadi energi, menekan produksi gula di hati dan otot, serta menghindari pemecahan lemak sebagai sumber energi.

3. Alpukat

Buah pertama (pada artikel ini) yang tergolong ke dalam makanan untuk penderita diabetes adalah alpukat. Kita mengenal alpukat sebagai buah yang memiliki lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung seiring berkurangnya jumlah kolesterol jahat. (Menurut Academy of Nutrition and Dietetics)

Alpukat menjadi buah kaya nutrisi yang memiliki kualitas baik bagi tubuh. Selain menambah asupan nutrisi untuk tubuh, alpukat juga memberi gula tambahan dan kolesterol baik yang lebih rendah. Dengan begitu maka alpukat mempunyai kaitan dengan stroke dan diabetes.

4. Kacang-Kacangan

Makanan tinggi serat mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Serat ini bisa kita peroleh dari kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang panjang, kacang tanah, dsb. Perlu kamu ketahui, pada beberapa jenis kacang banyak yang mengandung serat dan protein. Juga dari mereka ada yang sedikit kandungan lemaknya.

Pada kacang merah misalnya, mereka sangat baik untuk turunkan gula darah dan kolesterol jahat. Kacang merah mengandung karbohidrat kompleks, serat, asam folat, kalsium, dan protein yang tinggi.

Mereka bekerja masing-masing untuk mendukung fungsi tubuh. Salah satu manfaat yang dimiliki oleh kacang merah karena kandungannya adalah untuk pendetia diabetes melitus. Lihat makanan lain yang juga mengandung asam folat atau vitamin B9.

5. Blueberry

Buah kedua yang juga tercatat ke dalam kelompok makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah blueberry. Buah blueberry mengandung senyawa flavonoid yang dikenali sebagai peningkat kesehatan jantung dan penghambat aktivitas sel kanker dan tumor.

Warna biru pada blueberry disebabkan oleh kandungan bernama anthocyanin. Kandungan senyawa ini ternyat ajuga mmeberi manfaat bagi tubuh, yakni menekan risiko diabetes tipe 2. Dengan mengonsumsi dua buah atau lebih blueberry setiap harinya dapat mengurangi risiko terhadap diabetes tipe 2 sebesar 23% tanpa dilihat dari faktor usia, berat badan, dan gaya hidup.

6. Brokoli

Brokoli adalah salah satu makanan yang mengandung kalsium dan baik dikonsumsi penderita diabetes. Dikutip dari Deherba, brokoli merupakan superfood yang memiliki sifat antikanker. Di dalam sayur brokoli terdapat kandungan sulforaphane. Senyawa ini dikenal mampu memperbaharui produksi enzim dan melindungi pembuluh darah. Tidak sampai di situ, sulforaphane juga bisa menghindari kerusakan sel akibat tingginya kadar gula dalam darah.

Perlu diingat, brokoli yang sehat diperoleh dengan cara penyimpanan dan pengolahan yang benar. Jangan menyimpan brokoli di dalam freezer karena kandungan gizi di dalamnya sudah tidak utuh setelah dikeluarkan. Sementara dalam pengolahannya, kamu bisa mengukus, menumis, dan memanggangnya dalam microwave dalam waktu singkat.

Tidak disarankan untuk merebus brokoli dikarenakan cara tersebut akan membuat kandungan gizi pada brokoli hilang sebanyak 60 persen lebih. Sayang sekali bukan. Untuk itu, gunakan microwave agar gizinya tetap terjaga sebanyak 90 persen. Kamu bisa juga membuat jus dengan mencampurkan brokoli dengan apel yang keduanya sama-sama makanan penderita diabetes.

7. Wortel

Wortel bisa menjaga kesehatan mata karena di dalamnya terdapat antioksidan beta-karoten yang mampu meningkatkan fungsi penglihatan dan menghindari perkembangan beberapa jenis kanker.

Ada alasan lain mengapa kamu harus mengonsumsi wortel, yaitu merujuk pada laporan hasil studi yang dilakukan di Stanford University School of Medicine bahwa wortel dapat menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2, khususnya untuk orang yang rentan terhadap penyakit bawaan (keturunan).

Untuk mendapatkan nutrisi yang utuh dalam wortel, kamu harus mengolahnya seperti wortel. Jika kamu tahu, wortel yang dikonsumsi dalam keadaan mentah mampu mengurangi mata minus dalam waktu beberapa bulan.

Apa Itu DiabetCare?

Obat Diabetes DiabetCare adalah formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit diabetes. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat DiabetCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

DiabetCare memiliki kandungan antibiotik alami yang mampu membersihkan racun dalam darah, memperbaiki sel-sel yang rusak (regenerasi sel), bersifat antipiretik, analgesic, dan diuretic. Sangat berkhasiat dan signifikan menurunkan gula darah.