skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyebab, Gejala, Dan Penanganan Penyakit Diabetes Melitus Tipe 2

Penyebab, Gejala, Dan Penanganan Penyakit Diabetes Melitus Tipe 2

Penyebab, Gejala, Dan Penanganan Penyakit Diabetes Melitus Tipe 2 – Marilah kita memahami lebih rinci penyebab, gejala, serta penanganan penyakit diabetes melitus tipe 2  yang dahulu dikenal sebagai penyakit gula. Diabetes jenis ini merupakan diabetes yang paling sering terjadi bahkan mencapai sekitar 90% dari kasus diabetes yang ada. Jenis dibetes ini tidak tergantung pada pengobatan dengan insulin karena penderita jenis diabetes ini tetap memiliki kemampuan untuk memproduksi insulin. Meskipun tubuh masih bisa memproduksi insulin, namun dalam jumlah yang tidak mencukupi ataupun dikarenakan sel tubuh yang resistensi insulin, hal inilah mengapa kadar gula darah masih bisa mengalami peningkatan.

Penyakit ini memang lebih sering terjadi pada usia dewasa sehingga tidak mengherankan ketika banyak orang menyebut jenis diabetes ini sebagai adult-onset diabetes. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa anak-anak serta balita juga bisa menjadi penderita jenis diabetes yang satu ini. Salah satu perbedaan yang cukup terlihat antara penyakit diabetes melitus tipe 1 dan tipe 2 adalah ketergantungan terhadap hormon insulin. Pada diabetes melitus tipe 1 mengharuskan pasien untuk menjalani terapi insulin setiap hari yang berfungsi untuk mengontrok kadar gula darah.

Penyebab Diabetes Melitus Tipe 2

Meskipun banyak pihak menyebutkan bahwa diabetes melitus tipe 2 merupakan jenis diabetes yang paling sering terjadi, namun, penyebab dari jenis diabetes ini belum diketahui secara pasti. Salah satu penyebab yang memiliki peran penting untuk memicu perkembangan dibetes melitus jenis ini adalah faktor genetik ataupun keturunan. Selain itu, ketika dilihat dari kondisi tubuh pasien, peningkatan kadar glukosa dalam darah pada jenis diabetes ini kebanyakan adalah disebabkan adanya resistensi insulin di mana sel-sel tubuh tidak memberikan respon terhadap hormon insulin yang berfungsi untuk mensirkulasikan gula darah tersebut sebagai energi secara normal. Penyebab lain dari diabetes melitus tipe 2 adalah jumlah hormon insulin dalam tubuh yang dihasilkan oleh organ pankreas ternyata tidak mampu mencukup kebutuhan tubuh secara menyeluruh. Berbagai kondisi serta penyebab itulah yang mampu meningkatkan kadar gula darah serta menimbulkan beberapa gejala dari diabetes tersebut.

Gejala Penyakit Diabetes Melitus Tipe 2

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, Anda sebaikya juga mengetahui tentang tanda serta gejala dari penyakit yang satu ini. Gejala diabetes sendiri biasanya akan berbeda-beda pada setiap orang.

Ada beberapa gejala yg dialami antara lain?

  1. Timbulnya rasa sering merasa haus

  2. Mudah lapar bahkan setelah makan

  3. Peningkatan frekuensi buang air kecil atau kencing

  4. Timbul rasa mual dan muntah

  5. Mulut menjadi kering,

  6. Penurunan berat badan secara drastis

  7. Mudah lelah

  8. Timbul sakit kepala

  9. Penglihatan kabur

  10. Mudah timbul infeksi pada kulit

  11. Luka menjadi lambat dalam proses penyembuhan

Penanganan Diabetes Melitus Tipe 2

Tentu saja, penanganan yang dilakukan pada penderita  adalah terfokus pada bagaimana menjaga agar kadar gula darah tersebut tetap dalam kondisi yang normal. Proses ini bisa dilakukan dengan cara mengubah pola hidup dengan yang lebih sehat dan terencana dengan baik sesuai dengan kondisi dari penderita penyakit tersebut. pola hidup ini menyangkut pada pola makan serta aktivitas fisik. Penderita diabetes melitus hendaknya memiliki pola makan yang sehat dan akurat sehingga hal ini akan sangat membantu untuk mengontrol asupan gula yang masuk ke dalam tubuh.

Di sisi lain, aktivitas fisik seperti olahraga yang teratur dan terukur juga perlu untuk dilakukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan sensitivitas sel tubuh terhadap hormon insulin, serta menjaga kadar glukosa dalam tubuh. Ketika penanganan non farmakologis tidak mampu berjalan dengan baik, penderita diabetes melitus tipe 2 akan membutuhkan beberapa pengobatan baik medis ataupun alami yangberguna untuk menjaga kadar gula darah tetap dalam kondisi normal. Dalam hal ini, berkonsultasi dengan dokter pastinya bisa menjadi solusi yang sangat bijak untuk dilakukan.

Apa Itu DiabetCare?

DiabetCare adalah formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit diabetes. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat DiabetCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

DiabetCare memiliki kandungan antibiotik alami yang mampu membersihkan racun dalam darah, memperbaiki sel-sel yang rusak (regenerasi sel), bersifat antipiretik, analgesic, dan diuretic. Sangat berkhasiat dan signifikan menurunkan gula darah.