skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Jenis Penyakit Diabetes Akut Dan Komplikasinya

Jenis Penyakit Diabetes Akut Dan Komplikasinya

Jenis Penyakit Diabetes Akut Dan Komplikasinya – Penyakit Kencing Manis / Diabetes Melitus adalah ketidakmampuan tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi karena gangguan metabolisme yang terjadi dalam tubuh. Gangguan ini biasanya kronis, yaitu terjadi hingga beberapa waktu yang lama / gejalanya tidak dapat diketahui dalam waktu yang singkat.

Penyakit Diabetes dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 dan gestational diabetes.

Pada dasarnya tubuh mengolah gula dan karbohidrat dalam makanan untuk dijadikan glukosa. Glukosa adalah zat yang berguna untuk memberikan energi pada tubuh. Glukosa tersebut dikonversi menjadi energi dalam aliran darah dengan bantuan insulin dan hormon, sayangnya penderita penyakit kencing manis tidak bisa memproduksi insulin di pankreas dengan baik.

Gangguan produksi indulin di pankreas ini membuat tubuh tidak bisa mengkonversi glukosa menjadi energi yang berguna bagi tubuh.

Glukosa yang tidak terkonversi menjadi energi tersebut bisa menumpuk dalam darah penderita diabetes, sehingga kadar glukosa menjadi sangat tinggi didalam darah. Penumpukkan gula darah ini yang notabene menjadi awalan penyebutan penyakit kencing manis di masyarakat.

Penyakit ini akhirnya menjadi sebab terjadinya penyakit lain seperti gangguan ginjal, stroke, penyakit jantung, permasalahan pada indera penglihatan dan gangguan saraf di kaki.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kencing manis, hal tersebut dibedakan dari tipenya. Pada diabetes tipe 1 lebih dikarenakan faktor autoimmune. Autoimmune adalah kondisi dimana tubuh menyerang pankreasnya sendiri dengan zat antibodi.

Serangan pada pankreas tersebut membuat pankreas tidak mampu memproduksi insulin sehingga mengakibatkan banyaknya glukosa yang menumpuk dalam darah akibat tidak terkonversi menjadi energi. Diabetes tipe 1 ini cenderung sering terjadi pada anak-anak.

Diabetes tipe 2 berbeda dengan diabetes tipe 1, tipe ini cenderung terjadi pada orang dewasa. Meskipun hampir 95% terjadi pada dewasa namun kegemukan pada anak-anak juga bisa menyebabkan diabetes tipe 2.

Pada diabetes tipe 2 ini pankreas masih mampu memproduksi insulin, sayangnya jumlahnya tidak mencukupi sehingga glukosa yang seharusnya menjadi energi yang baik malah menumpuk dalam darah. Obesitas dan Kegemukan merupakan faktor utama penyebab kencing manis / diabetes tipe 2.

Gestational Diabetes berbeda lagi dengan diabetes tipe lain. Penyakit jenis ini hanya terjadi pada perempuan, karena yang bisa hamil hanya perempuan. Gestational diabetes terjadi dipicu oleh kehamilan, kehamilan tersebut membuat resistensi insulin pada tubuh.

Gestational Diabetes juga memerlukan penanganan yang serius karena glukosa yang ada pada ibunya juga akan di kirimkan ke janin melalui plasenta.

Diabetes yang tidak terkontrol dengan baik dalam jangka waktu panjang dapat menimbulkan berbagai gangguan (komplikasi). Kadar glukosa darah yang tinggi secara terus menerus selama bertahun-tahun pada akhirnya merusak organ-organ tubuh. Hampir seluruh organ tubuh dapat terpengaruh oleh diabetes kronis, seperti: jantung, pembuluh darah, ginjal, mata, sistem saraf, dll.

Oleh karena itu, penderita diabetes diharuskan untuk selalu mengontrol kadar gula darah atau glukosa secara teratur, menjaga pola makan, mengatur berat badan dan melakukan cek up secara rutin.

Berikut dibawah ini komplikasi Penyakit Diabetes Akut:

  1. Hipoglikemia

Dalam kasus ini terjadi penanganan yang salam pada penderita diabetes sehingga level glukosa dalam darah menjadi terlalu rendah. Melewatkan jam makan dan berolahraga serta mengkonsumsi obat diabetes (memperkecil kadar glukosa) atau melakukan injeksi insulin bisa menyebabkan hipoglikemia.

Untuk mencegah terjadinya hipoglikemia, disarankan untuk selalu mengontrol gula darah serta seringlah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan diabetes yang tepat.

  1. Hiperglikemia

Yaitu Kondisi yang serius dimana gula darah tinggi dalam waktu panjang yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan dan organ tubuh.

Komplikasi ini dapat terjadi jika pasien tidak mengambil tindakan-tindakan untuk mengurangi level glukosa dalam darah seperti injeksi insulin atau disebabkan karena pola makan dan gaya hidup yang tidak berorientasi pada penenangan penyakit diabetes.

  1. Ketoacidosis

Yaitu, komplikasi penyakit diabetes yang terjadi saat tubuh tidak mampu menggunakan glukosa atau gula darah sebagai energi karena kekurangan insulin. Saat sel-sel tubuh kekurangan energi, mereka akan menggunakan cadangan lemak sebagai energi.

Saat jaringan lemak terganggu, terbentuklah zat keton atau racun dalam darah. Kondisi ini dapat mengakibatkan kesulitan bernapas, sakit perut parah dan dehidrasi.

Apa Itu DiabetCare?

DiabetCare adalah formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit diabetes. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat DiabetCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

DiabetCare memiliki kandungan antibiotik alami yang mampu membersihkan racun dalam darah, memperbaiki sel-sel yang rusak (regenerasi sel), bersifat antipiretik, analgesic, dan diuretic. Sangat berkhasiat dan signifikan menurunkan gula darah.